Pendaki Gunung

Perlengkapan Naik Gunung Bagi Kelompok

Perlengkapan Naik Gunung bagi berkelompok  salah satu hal yang cukup banyak diminati oleh orang Indonesia atau luar negeri sekalipun adalah kegiatan mendaki gunung. Bisa dibilang bagi para pendaki gunung, hal seperti ini merupakan suatu hal yang menguji adrenalin dan menjadi kesan tersendiri. Kegiatan ini bisa dibilang tidak terlalu sulit dan hanya bermodalkan peralatan secukupnya dan mental yang kuat serta stamina saat mendaki.

Ketika sudah biasa untuk mendaki gunung, maka sebagian orang sudah tidak bingung lagi untuk melengkapi segala keperluan yang ada. Persiapan untuk melakukan pendakian memang cukup banyak yang harus dipersiapkan baik peralatan dan kebutuhan lainnya. Untuk pemula juga harus berlatih dan belajar tentang segala keperluan yang harus dibawa pada saat akan melakukan pendakian.

1. Peralatan Masak

Untuk peralatan masak disini merupakan suatu hal yang wajib, apalagi bagi anda dan kelompok yang ingin menyantap makanan buatan sendiri. Bisa juga untuk memasak air untuk minuman seperti the, kopi, dll. Untuk peralatan masak bagi para pendaki gunung memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dan lebih efisien dalam bentuknya.

Peralatan yang biasanya ada adalah pisau, sendok, panci kecil, kompor kecil, dll. Selain itu, bawa juga bahan untuk pemicu api yang membantu anda untuk memasak seperti bensin, spirtus atau bahan bakar lainnya.

2. Logistik Makanan

Jika anda dan kelompok tidak cukup waktu atau malas untuk memasak makanan, maka membawa logistik berupa jajanan adalah solusi yang tepat. Hal ini bermanfaat bagi anda dan kelompok untuk mengisi kembali tenaga yang banyak terkuras ketika melakukan pendakian. Logistik disini juga bisa selain jajan, yaitu kebutuhan kelompok untuk memasak.

3. Trekking Pole

Salah satu perlengkapan naik gunung yang tidak kalah penting saat digunakan adalah Trekking Pole. Benda ini sangat berguna dalam membantu anda mengakses medan yang terbilang berat dan sulit. Nah, untuk anda yang ingin memiliki benda ini maka pilihlah trekking pole dengan bobot yang cenderung memiliki ketahan lebih kuat seperti alumunium daripada yang berbahan karbon.

Selain ketahanan bahan, besarnya trekking pole harus anda pilih yang menyesuaikan postur tubuh agar penggunaannya lebih baik. Dalam memilih juga perhatikan bentuk pegangan yang ada agar membuat tangan tetap nyaman ketika memegangnya. Ada baiknya juga membeli yang memiliki cadangan spare part agar dapat dibetulkan ketika terjadi kerusakan saat pemakaian.

Perlengkapan Alas Kaki untuk Naik Gunung

anda mengetahui ciri-ciri yang baik pada sepatu, maka ada beberapa jenis pelindung kaki yang ada. Tentunya anad perlu mengetahui jenis yang ada agar sesuai dengan kondisi dari daerah yang akan anda lewati.

Berikut jenis Pelindung kaki pada saat mendaki gunung :

1. Sandal Gunung

Sandal gunung merupakan alternatif yang ada bagi anda yang menyukai pada jenis pendakian yang cenderung hanya santai dan relaks. Ini juga lebih efektif pada saat berada di perkemahan yang terjadi pada saat mendaki. Selain itu, bobot yang ada pada sandal juga lebih ringan.

2. Sepatu Gunung

Pastinya sepatu akan berguna ketika anda akan mendaki pada jalur yang sulit dan membutuhkan pijakan yang lebih kuat. Kerangka yang ada pada sepatu juga sudah menyesuaikan dengan kondisi serta keadaan yang ada. Biasanya untuk perlindungan kaki akan lebih maksimal karena sudah menyelimuti seluruh bagian bawah kaki hingga mata kaki.

3. Mid Weigh Boot

Jika anda mengetahui medan bagian gunung yang lebih keras dan mungkin berlumpur, maka boot ini menjadi jawabannya. Sol yang dimiliki dari jenis ini jauh lebih keras dan kuat, selain itu juga akan lebih tinggi. Hal ini akan membuat anda menjadi kurang nyaman ketika akan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.