Resep

Penasaran Ingin Tau Nasi Timbel Rasanya ?

Siapa tak kenal nasi timbel? Makanan khas Bandung ini bisa dijumpai di warung makan yang ada di pasaran. Tak jarang pula di restoran mahal juga menyediakan nasi berbalut daun pisang ini. Namun taukah Anda bagaimana nasi timbel itu ada? Bagaimana sejarahnya?

Awalnya nasi timbel merupakan bekal makanan yang biasa dibawakan untuk para petani makan di sawah. Timbel merupakan makanan khas yang disiapkan dari rumah berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Panas yang berasal dari nasi akan membuat daun pisang akan sedikit matang. Nah tingkat kematangan akan menambah rasa nasi dan harum yang akan menggugah selera.

Daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus akan menambah rasa pada nasi hangatnya. Nasi timbel biasanya disantap dengan kerupuk, emping atau petai. Untuk lauknya, seperti ikan asin, tahu goreng, tempeng goreng, ayam goreng. Tak lupa, sambal terasi dan lalapan jadi pelengkap menu khas Sunda ini. nasi timbel ini sangat berbeda sekali dengan nasi tutug oncom yang seperti yang kita ketahui

makanan khas bandung nasi timbel

Di Kota Bandung, santapan nasi timbel ini banyak dijajakan. Salah satu tempat makan yang cukup populer, ialah Kedai Timbel Dago. berlokasi di Jalan Ir.H.Juanda 117, bandung ini memang terkenal dengan nasi timbel yang harganya murah meriah. Dilengkapi dengan pemandangan Dago yang ramai, makan nasi timbel jadi semakin nikmat

Nasi timbel sebenarnya sama dengan nasi – nasi lainnya. Beda nya hanya nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Tekstur nasi nya pun “pulen”, tidak terlalu lembek, dan tidak keras. Kenikmatan menyantap nasi timbel ini akan terasa sangat kental apabila disajikan saat nasi masih hangat. Sebagai bahan pelengkap dari nasi timbel, biasanya terdapat beberapa pilihan. Dari mulai ayam goreng, ayam bakar, atau hanya dengan sepotong asin jambal roti. Tentunya didampingi dengan sambal dan lalapan yang akan menambah selera makan anda. Sambal nya pun bisa dipilih. Biasanya beberapa rumah makan akan menyajikan nasi timbel dengan sambal terasi. Dan sebagai inovasi lainnya, kini nasi timbel dapat dinikmati bersama dengan sayur asem.

Jika anda tertarik menikmati nasi timbel, anda hanya perlu mencari rumah makan khas Sunda yang sudah tersebar di berbagai daerah. Atau anda dapat mencoba membuat nasu timbel di rumah, karena bahan yang anda perlukan hanya nasi, daun pisang, dan makanan pelengkap lainnya. Dan jangan lupa, yang terpenting adalah sambal. Karena makan nasi timbel tanpa sambal, rasanya akan terasa hambar. Bagaimana, tergoda menikmati kelezatan makanan khas Sunda? Ayo coba nasi timbel !

Resep Nasi Timbel Komplit

Nasi timbel merupakan makanan khas Bandung berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Awalnya nasi timbel merupakan bekal makan siang para petani Sunda, lho. Tapi sekarang mudah sekali dijumpai dan jadi menu favorit di warung makan khas sunda.

Bahan-bahan

  • Beras – 300 gram
  • Air – 500 ml
  • Daun pisang, untuk membungkus – secukupnya
  • Pelengkap:
  • Ayam goreng – 4 potong
  • Tahu goreng – 4 potong
  • Tempe goreng – 4 potong
  • Mentimun, dipotong-potong – 1 buah
  • Daun kemangi, dipetik daunnya – 1 ikat
  • Selada – 1 ikat
  • Sambal terasi – secukupnya

Langkah

  1. Cuci beras sampai bersih.
  2. Didihkan air dalam panci, lalu masukan beras dan aduk sampai air meresap.
  3. Matikan api, diamkan selama 10 menit.
  4. Kukus beras selama 30 menit sampai matang. Angkat.
  5. Ambil selembar daun pisang dan taruh 5 sendok makan nasi. Gulung daun pisang. Puntir ujung daun kanan dan kiri. Masukkan ke bagian tengah sambil didorong ke dalam.
  6. Sajikan nasi timbel bersama pelengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.