Makanan

9 Makanan Buka Puasa Yang Sehat Untuk Di Jalan

Memilih makanan buka puasa di jalan memang harus lebih teliti. Setelah menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam perut kosong dan tubuh membutuhkan banyak asupan. Asupan yang bisa membantu mengembalikan energi dan stamina tubuh tentunya.

Berbuka puasa di jalan memang tidak bisa dijadikan pilihan. Karena memang menyegerakan berbuka adalah keharusan bagi yang menjalankan ibadah puasa. Kesehatan juga tetap harus diutamakan bukan? Walaupun terbatas dengan pilihan tetapi masih ada makanan sehat untuk buka puasa di jalan yang bisa diandalkan.

Aktivitas yang begitu padat tentu membuat kebanyakan orang kewalahan memilih menu makanan sehat untuk buka puasa di jalan. Lebih banyak yang terburu-buru karena sudah tidak tahan menghadapi tubuh yang lemas, lesuh, dan letih. Terkadang ada yang memilih beli gorengan sampai membeli es buah di jalan yang tidak tahu gulanya sebanyak apa.

Informasi : Parcel Lebaran

Makanan Sehat untuk Buka Puasa di Jalan

Kurma

Buah yang satu ini memang bisa diandalkan untuk berbuka puasa di jalan. Selain praktis dan bergizi, buah kurma juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Misalnya saja seperti kalium, magnesium, vitamin B6, dan juga zat besi. Bahkan juga kaya serat dan anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Jika belum sepat mengonsumsi makanan berat seperti nasi, kurma bisa diandalkan juga. Hal ini disebabkan karena kurma merupakan salah satu buah yang kaya karbohidrat dan gula alami sehingga sangat cocok untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh yang hilang saat puasa. Gula alami ini juga tidak membuat gula darah melonjak, sehingga aman bagi orang dengan penderita diabetes.

Puding Buah

Makanan sehat dan menyegarkan yang bisa diandalkan ketika harus buka puasa di jalan ada puding buah. Buah tentu baik untuk kesehatan dan jika dijadikan puding, tentu kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan ini tidak akan berubah. Misalnya saja seperti buah mangga dan alpukat.

Dalam buah mangga terdapat vitamin C yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh setelah menjalankan ibadah puasa. Kemudian dalam buah alpukat juga terdapat kandungan zinc yang dapat membantu menjaga kesehatan sel dalam sistem imun. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin E, serta folat. Nutrisi dalam buah alpukat sangat mampu membantu mencukupi nutrisi harian tubuh.

Es Krim

Es krim ternyata juga bisa diandalkan untuk buka puasa di jalan loh. tetapi pilihlah es krim yang rendah lemak dan rendah gula. Hal ini dilakukan agar kesehatan kita tetap terjaga. Atau bisa juga memilih es krim dengan bahan-bahan yang menyehatkan, misalnya seperti kacang hijau, ketan, mangga, dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan karena kacang hijau sangat kaya akan asam amino (protein). Protein ini yang nantinya dapat membantu berperan sebagai zat pembangun tubuh dan dapat membantu memperlancar kerja tubuh. Selain itu terdapat fitonutrien sebagai zat anti-mikroba dan anti-peradangan yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya penyebab berbagai penyakit.

Sop Buah

Sop Buah juga termasuk makanan praktis untuk buka puasa di jalan. Selain praktis, makanan ini juga sangat bernutrisi. Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah juga mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh setelah berpuasa selama 14 jam.

Nah, untuk pemilihannya bisa dengan memilih buah yang mudah dikupas atau bahkan buah-buahan yang tidak perlu dikupas dan bisa langsung dimakan dengan kulitnya. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak air agar mampu menghidrasi tubuh dan mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Misalnya saja bisa memilih buah apel, pir, jeruk, dan pisang. Buah apel, pir, dan jeruk ini mengandung banyak sekali air bahkan serat dan vitamin C. Sedangkan buah pisang sangat kaya akan kalium yang penting untuk mengendalikan kadar air dalam tubuh. Serta dapat diandalkan untuk membantu perpindahan zat gizi ke seluruh tubuh.

Biskuit

Biskuit bisa sekali dijadikan pilihan untuk buka puasa di jalan. Tetapi tetap pastikan untuk memilih biskuit yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti gandum misalnya. Karena gandung ini kaya serat dan karbohidrat kompleks yang mampu menambah energi tetapi tetap rendah lemak. Bahkan juga sangat mampu membantu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh naik dan turun dengan cepat. Sehingga biskuit gandum ini bisa digunakan untuk menahan rasa lapar untuk sementara waktu.

Oatmeal

Oatmeal bisa sekali diandalkan untuk mengganjal perut saat harus berbuka puasa di jalan. Bahkan tanpa harus mengonsumsi makanan berat, oatmeal bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Dan jika bisa dipadukan dengan topping seperti buah-buahan segar, madu hingga granola tentu akan semakin berdampak baik untuk pencernaan.

Granola Bar

Granola bar ini sangat bisa diandalkan untuk buka puasa di jalan. Makanan yang terbuat dari oat, kacang-kacangan, buah kering, dengan tambahan madu atau pemanis ini juga sangat mudah di temukan saat sedang di perjalanan.

Kandungan baik dalam granola seperti lemak, gula, serat, dan protein sangat baik untuk mengembalikan energi dan stamina tubuh yang hilang selama berpuasa. Serat dari granola ini juga dapat mengontrol kadar gula darah dan membuat perut kenyang lebih lama.

Selain itu, granola juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi ketika memilih granola tetap pastikan granola ini mengandung serat yang tinggi serta gula dan lemak yang rendah.

Makanan Hangat

Makanan hangat juga memiliki peran besar untuk mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa seharian. Bahkan sangat baik juga jika digunakan untuk buka puasa di jalan. Hal ini disebabkan karena makanan hangat dapat membantu menenangkan perut setelah seharian berpuasa. Sup ayam misalnya, selain hangat makanan ini juga mengandung banyak protein yang sangat baik untuk tubuh.

Dark Cokelat

Bagi pecinta cokelat pasti senang mendengar dark cokelat bisa diandalkan untuk buka puasa di jalan. Hal ini disebabkan karena dari semua jenis coklat, dark chocolate memiliki kandungan yang paling bagus untuk kesehatan tubuh. Kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Bahkan sangat ampuh menangkal radikal bebas.

Begitu juga kadar gula dalam dark chocolate jauh lebih rendah dari coklat biasa yang mengandung susu dan gula lebih banyak. Sehingga dark cokelat ini juga jauh lebih menyehatkan dan bisa untuk mengganjal perut lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.