Makanan

41 Makanan Khas Bandung Yang Populer & Enak Banget

Bandung merupakan salah satu kota yang besar dan sangat maju, hampir semua mengenal bandung, tapi kalian tau tidak kalau bandung itu pusat kuliner, banyak orang – orang luar kota, datang ke bandung menjelajahi kuliner yang begitu banyak.

Membicarakan mengenai makanan khas bandung, sudah banyak orang mengenal dengan citra rasa yang berada di sini, nah kali ini saya akan memberikan 41 makanan khas kota bandung yang bisa kamu coba dan buat oleh – oleh temen kamu, keluarga kamu yang ingin mencoba makanan khas bandung ini.

1. Seblak

Makanan pertama khas bandung yaitu Seblak, siapa sih gak kenal dengan seblak ini, yang umumnya adalah makanan khas dari sunda, di bandung ini sangat terkenal dengan kepedasan dan rasa gurih yang terdiri dari kerupuk basa yang dimasak dengan sayuran dan telur, ayam, boga bahari atua olahan lainnya. dimasak dengan bumbu tertentu.

makanan khas bandung seblak

Kalian saat mencobanya akan merasakan yang begitu gurih setelah gurih tentunya rasanya pedas banget, bagi kamu yang suka pedas, ini bisa dicoba saat mampir ke bandung, tapi ingat ya, ini gak bisa dibawa pulang, karena jika di bawa pulang, citra rasa akan hilang, karena seblak sangat cocok untuk dimakan saat panas

2. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas bandung ke dua adalah Nasi Tutug Oncom adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.

makanan khas bandung Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom menjadi makanan khas Tasikmalaya. walaupun menjadi makanan khas, tapi dibandung sangat terkenal dengan nasi ini, tutug oncom dapat dibawa menjadi oleh – oleh karena sekarang sudah tersedia tutug oncom instan yang telah dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan – bulan tanpa menggunakan pengawet

Nasi oncom itu perpaduan antara nasi putih hangat dengan oncom berwarna coklat, biasanya penyajian nasi ini harus dadakan, soalnya kalau nasi sudah idngin rasanya kurang enak. Perpaduan rasa gurih, asin dan pulen, terasa saat nasi ini dikunyah di mulut. tambahan menu pelengkap seperti ikan asin kecil dan lalapan yang sebelumnya diberi sambal ekstra pedas. Khusus sambal nasi ini, dibuat dari perpaduan cabe rawit hijau dengan sedikit garam dan bumbu penyedap. Sambal nasi TO sering disebut sambal “goang” — khusus sebutan orang Sunda.

3. Nasi Timbel

Timbel merupakan makanan khas yang disiapkan dari rumah berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Panas yang berasal dari nasai akan membuat daun pisang akan sedikit matang. Nah tingkat kematangan akan menambah rasa nasi dan harum yang akan menggugah selera.
makanan khas bandung nasi timbel

Daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus akan menambah rasa pada nasi hangatnya. Nasi timberl biasanya disantap dengan kerupuk, emping atau petai. Untuk lauknya, seperti ikan asin, tahu goreng, tempeng goreng, ayam goreng. Tak lupa, sambal terasi dan lalapan jadi pelengkap menu khas Sunda ini

4. Karedok

Makanan khas bandung yang terbuat dari aneka sayur-sayuran. Karedok, Ya, makanan khas asal Jawa Barat ini selalu mengundang selera untuk dicoba karena menyajikan aneka sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih.

Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran segar yang masih dalam keadaan mentah seperti, ketimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong.

makanan khas bandung karedok

Sementara siraman bumbu kacang yang membuat karedok menjadi nikmat terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Sebagai makanan, karedok tidak hanya nikmat tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahan-bahan sayuran yang masih dalam keadaan mentah dan segar dipercaya memiliki nilai serat yang tinggi

5. Mie Kocok

Makanan Khas Bandung ke lima Mie kocok merupakan salah satu kuliner khas milik nusantara yang cocok disantap dalam berbagai suasana. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner lintas generasi karena bisa dinikmati oleh siapapun, baik anak-anak hingga orangtua. Meski penjualnya banyak ditemukan di berbagai daerah, ternyata mie kocok berasal dari Bandung. Tidak mengherankan jika jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Makanan khas bandung mie kocok

Entah darimana toponimi mie kocok berasal, namun menurut buku wisata jajan Bandung, nama mie kocok berasal dari cara pembuatannya, yaitu dengan mencelupkan dan mengocok mie dan tauge ke dalam air panas hingga nampak layu. Meski begitu, tidak semua warung makan yang menyediakan mie kocok menggunakan cara pengolahan dengan cara demikian.

Selain mie telor sebagai bahan utamanya, kuliner ini menggunakan bahan-bahan lainnya, antara lain seperti sayuran sawi dan tauge, daging, bakso, daun bawang dan bawang goreng. Membuat mie kocok ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Mulanya, masak air hingga mendidih, kemudian masukkan mie telor beserta sayuran sawi dan tauge, setelah itu dilanjutkan dengan memasukkan potongan daging dan bakso. Setelah mie dan sayuran sudah nampak layu, barulah dimasukkan bumbu-bumbu. Selain bahan utama mie telor, bumbu inilah yang juga menentukan citarasa dari mie kocok Bandung

6. Surabi

Makanan khas bandung ke enam surabi adalah kuliner khas asal Jawa Barat yang sudah melekat dihati masyarakat Indonesia adalah Serabi atau surabi. Kuliner yang terbuat dari tepung beras dan dibakar menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat ini memiliki rasa gurih dan legit. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencoba Surabi adalah Warung Surabi Setia Budi yang ada di Bandung.

makanan khas bandung surabi

Mulai dari serabi tradisonal yang hanya menambahkan cairan manis dengan bahan dasar gula dan kelapa, hingga serabi dengan rasa yang telah olah dan sangat sesuai dengan rasa serabi yang gurih. Saus atau cairan yang tadinya hanya berupa gula kelapa bisa di ganti dengan selai bercita rasa durian, strawbery hingga selai kacang dan markisa yang tentu saja sesuai dengan selera Anda.

Serabi kini juga bisa dinikmati dalam bentuk serabi isi. Beberapa olahan makanan seperti daging ayam, telor, kornet dimasukkan ke dalam serabi yang menjadi alternatif pilihan yang menggugah selera untuk Anda coba

7. Ulekutek oncom

Makanan khas bandung Ulekutek oncom adalah makanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar oncom. Nama ulekutek berasal dari cara pembuatannya dengan cara di ulek atau di tumbuk, sedangkan kutek berasal dari bahasa sunda yang artinya diaduk. Makanan ini banyak dijual di rumah makan khas sunda, biasanya disajikan hangat dilengkapi dengan sambal terasi. Ulekutek oncom memiliki cita rasa yang khas dengan rasa manis, asam, dan gurih. Harganya relatif murah dan banyak dijumpai dirumah makan khas sunda.

makanan khas bandung Ulekutek oncom

Oncom merupakan makanan khas Jawa barat yang bahan dasarnya berasal dari ampas tahu. Oncom dibuat melalui proses fermentasi yang melibatkan bantuan bakteri Neurospora sitophyla. Kandungan gizi dalam oncom cukup baik sebagai makanan tambahan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ulekutek oncom yaitu rempah-rempah, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit, tomat, gula, daun salam, daun sereh, dan penyedap rasa. Selain itu, yang menjadi ciri khas dari ulekutek oncom adalah ranti atau leunca serta daun kemangi yang aroma khas pada masakan.

8. Gehu Jeletot

Makanan khas Bandung Gehu Hot Jeletot, inilah kuliner baru yang mampu membuat anda merasakan sensasi pedas luar biasa. Tapi, sebelum saya kupas lebih jauh apa itu Gehu Hot Jeletot, saya ingin kenalkan kuliner satu ini dari namanya. Gehu Hot Jeletot diambil dari gabungan bahasa Sunda dan Inggris. Nama Gehu Hot Jeletot sendiri, artinya tahu isi ekstra pedas. Jadi, bersiap-siaplah merasakan sensasi pedasnya. Boleh jadi, Gehu Hot Jeletot ini bisa menjadi kuliner tahu favorit anda.

makanan khas bandung gehu jeletot

Saat ini, Gehu Hot Jeletot merupakan kuliner baru yang cukup terkenal di Bandung. Awal perkenalan saya dengan kuliner tahu satu ini karena lokasi penjualannya kebetulan berdekatan dengan kompleks mini market dekat rumah Paman saya di Dago Pakar, Bandung. Melihat kehadiran Gehu Hot Jeletot ini

9. Bandros

Makanan Khas Bandung Bandros adalah salah satu makanan khas daerah Jawa Barat Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak, dengan tungku arang. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi

makanan khas bandung bandros

10. Colenak

Makanan Khas Bandung Colenak atau dikenal juga dengan tape bakar adalah nama yang diberikan pada kudapan yang dibuat dari peuyeum (tapai singkong) yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Kudapan ini berasal dari Bandung yang dikenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Penamaan makanan ini merupakan lakuran dari kata dalam bahasa Sunda, dicocol enak. Dalam teknik memasaknya kandungan gula dalam tapai membuat tapai tersebut mudah gosong – meskipun demikian bagi beberapa orang, ini merupakan bagian yang terenak.

makanan khas bandung Colenak

Makanan ini termasuk makanan khas Bandung, salah satu tempat yang menjualnya adalah Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani, Bandung. Lokasi yang diwariskan selama tiga generasi dari pencipta awal Aki Murdi dan kini telah memiliki variasi yaitu colenak rasa durian dan nangka.

Populernya colenak dilantunkan menjadi kawih degung Sunda hingga nyanyian anak-anak bermain “Colenak beuleum peuyeum digulaan” Lirik termasuk colenak yang nikmat berharga sepuluh perak (pada tahun 2013 harganya mencapai lima ribu rupiah), hingga nyanyian mengenai ketukan sepatu kelom mojang Bandung yang pergi terburu buru namun tetap berjalan hati-hati.

11. Pisang Molen

makanan khas bandung pisang molen

Makanan khas bandung Pisang molen adalah suatu hidangan ringan berbahan baku pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan dan kemudian digoreng. Hidangan ini merupakan variasi dalam pengolahan dari pisang goreng. Untuk bahan biasanya menggunakan tepung terigu protein tinggi, gram gula halus, baking powder, butir telur ayam, margarin, air es, minyak menggoreng dan pisang. Biasanya pisang molen banyak di jajahkan bersama gorengan bakwan, tahu dan tempe

12. Peuyeum

Makanan khas bandung peuyeum Tapai atau tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya umbi singkong dan beras ketan. Ragi untuk fermentasi tapai merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (kapang dan jamur), seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomycopsis fibuligera, dan Pediococcus sp., tetapi tidak tertutup kemungkinan jenis lain juga terlibat.

Bandung. Bukan saja terkenal dengan sebutan Paris Van Java, namun kota ini juga menyimpan begitu banyak ragam kuliner yang sayang jika dilewatkan. Salah satu makanan khas Bandung yang juga mudah ditemui di sepanjang jalan kota kembang ini adalah Peuyeum. Makanan yang satu ini tergolong unik, terbuat dari singkong. Rasanya lezat dan harganya sangat terjangkau.

makanan khas bandung peuyeum ketan

Peuyeum yang dijajakan di sepanjang jalan Bandung – Jakarta ini rata-rata berupa singkong utuh serupa tape, hanya saja ia disajikan tidak dipotong potong seperti tape kebanyakan. Makanan khas ini sendiri awalnya banyak dihasilkan dari daerah Cipeyeum, konon karena banyak dihasilkan dari daerah tersebut, maka tape singkong ini kemudian disingkat dengan sebutan Peuyeum.

Namun sayang, saat ini kehadiran Peuyeum perlahan mulai tenggelam dan tergeser dengan kuliner kuliner Bandung yang tumbuh dan berkembang dengan banyak kreasi dan varian. Meski demikian, Peuyeum tetap menjadi primadona terutama bagi pencinta makanan yang loyal terhadap Peuyeum

13. Gepuk

Makanan khas bandung gepuk Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk

Makanan khas bandung gepuk

Aroma harum dari rempah-rempah dan cita rasa yang berbeda dengan olahan daging sapi lainnya menjadikan gepuk sangat digemari semua kalangan. Proses pembuatan gepuk yang sangat panjang tidak menjadikan kita bosan untuk mengolahnya. Karena hasil yang didapat sebanding dengan apa yang kita inginkan. Rasa sedikit manis menjadikan gepuk sunda berbeda dengan olahan gepuk dengan daerah lainnya

14. Wajit

Makanan khas bandung Wajit adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatra disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik

Makanan khas bandung wajit

Wajit Cililin merupakan oleh – oleh khas dari Kabupaten Bandung Barat yang memiliki rasa manis. Bentuk nya mengerucut dan terbungkus cantik oleh daun jagung yang sudah kering. Siapa yang menyangka, penganan khas Cililin ini ternyata terbuat dari bahan dasar yang sangat familiar, yaitu beras ketan, gula aren, kelapa dan sedikit vanili untuk menambah harum aroma dari wajit Cililin. Tapi jangan salah, meskipun bahan dasarnya mudah didapat, konon makanan manis ini menjadi makanan yang dibuat untuk kaum bangsawan pada zamannya. Beruntunglah, zaman sekarang siapa saja dapat mencicipi manisnya Wajit Cililin. Oleh – oleh khas Bandung Barat ini cukup populer di waktu – waktu tertentu, seperti pada saat lebaran, dan musim haji. Namun jika anda sudah tidak dapat menahan rasa penasaran untuk mencicipi Wajit

15. Es Goyobod

Makanan khas bandung Es goyobod adalah minuman dingin Indonesia yang berbasis pada santan yang mirip dengan es campur. Minuman ini terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan yang dikenal seabgai hunkwe. Bahan lainnya termasuk avokad dan kelapa yang diparut

makanan khas bandung es goyobod

Es goyobod tak hanya dimunculkan sendirian dalam sebuah gelas atau mangkok. Tapi, juga ditambahkan dengan bahan lain. Seperti alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, tape, potongan roti, lantas diguyur dengan air santan, gula merah cair, dan susu kental manis. Rasanya, tentunya manis dan segar

Leave a Reply

Your email address will not be published.